our book!

Aneka Kreasi Kerudung Cantik
Gaya dasar memakai kerudung segi empat & selendang
Selain cocok untuk para pemula dalam berkerudung, buku ini juga tepat bagi Anda yang sudah lama memakai kerudung tapi ingin mendapatkan inspirasi gaya kerudung yang mudah namun menarik. (read more)

Monday, October 19, 2009

Berhijab, wajibkah hukumnya?

Kontroversi tentang kewajiban berhijab bagi muslimah seringkali jadi bahasan. Bahkan dalam sebuah wawancara di Metro TV pada Idul Fitri yang baru lalu, ulama ternama Quraish Shihab-pun menyatakan bahwa tentang hal tersebut, para ulama berbeda pendapat. Pernyataan beliau mengundang banyak polemik, contohnya bisa kita lihat di sini. Dan pendapat Quraish Shihab juga pernah menjadi bahan diskusi di Pusat Studi Al-Qur'an, Ciputat, lembaga yang dipimpin oleh Quraish Shihab sendiri. Hadir sebagai pembicara adalah Quraish Shihab, Dr. Eli Maliki, Dr. Jalaluddin Rakhmat, dan Adian Husaini, MA. Catatan dari diskusi tersebut oleh Adian Husaini, MA bisa dibaca di sini


Alhamdulillah, sebagai muslimah kita paham sekali bahwa seperti halnya sholat dan menunaikan zakat (QS 2 : 43), berpuasa ( QS 2 : 183), menghindari yang haram (QS 3: 2-3), menjauhi riba (QS 2: 275-276), berbuat baik kepada kedua orangtua (QS 17 : 23-24), ..... menutup aurat (berhijab) itu pun perintah Allah SWT. Karenanya, berhijab atau menutup aurat menjadi wajib hukumnya. Bagaimana cara menutupnya dan sampai batas mana yang harus ditutup, mengenai hal itu mungkin yang di kalangan para ulama masih ada perbedaan pendapat.

Dalam dua ayat-Nya (An-Nur : 31 dan Al-Ahzaab : 59) secara gamblang dan sangat jelas Allah SWT memerintahkan perempuan-perempuan yang beriman agar menutup aurat, tidak memamerkan 'perhiasan'nya ... dan semua itu adalah demi kemuliaan perempuan itu sendiri.

"Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya). Dan hendaklah mereka menutupi kain kerudungnya ke dadanya dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau puta-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam), atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah. wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung." (QS 24 : 31)

"Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, "Hendaklah mereka menutupkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka." Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali dan tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS 33 : 59)

Alhamdulillah, sebagai muslimah yang paling tidak dalam duduk tasyahud, 9 (sembilan) kali sehari kita berikrar menyatakan diri kita beriman kepada Allah SWT dan Rasulnya (dan tentu saja Kitab-Nya), tidak ada setitik pun keraguan di hati kita bahwa berhijab itu wajib hukumnya. Dan bahwa Allah SWT memerintahkan kita berhijab karena sayangnya Allah SWT kepada kita ... karena berhijab itu akan menjadikan kita lebih mulia di mata makhluk-Nya. Insya Allah.

Semoga tulisan ini bisa membawa hidayah bagi saudari-saudari kita sesama muslimah yang belum berhijab, dan bila masih ada setitik keraguan di hati mereka untuk berhijab, semoga Allah SWT menghapus keraguan itu dari hati mereka. Amin.

1 comments:

Totok said...

Betul Bu Tirza,

Banyak saudara-saudara kita yg masih memahami ini sbg "pakaian adat", atw pakaian formal kebesaran, hingga dipakai pd saat acara tertentu saja. Maka perlu disosialisasikan ttg kewajiban ini.

Lha wong "resep dr dokter" saja kita nggak pernah mengkritik, membahas, apalgi ini "resep" dari Allah, mustinya langsung "Just Do It" saja ya,...